Home » Donna Agnesia Aja Bercocok Tanam di Rumah Selama Pandemi Covid-19, Banyak Manfaatnya Lho!
Back to top

Donna Agnesia Aja Bercocok Tanam di Rumah Selama Pandemi Covid-19, Banyak Manfaatnya Lho!

Pandemi Covid-19 memaksa kita untuk lebih banyak tinggal di rumah namun tentunya harus tetap produktif dalam beraktivitas. Salah satu kegiatan yang dapat kamu lakukan selama pandemi adalah dengan berkebun atau bercocok tanam di rumah seperti yang dilakukan oleh salah satu selebritis tanah air Donna Agnesia.

Melalui akun instagramnya, perempuan 42 tahun yang pernah menjadi host atau pembawa acara sepak bola di salah satu stasiun TV ini pun kerapkali membagikan aktivitasnya dalam merawat tanaman, seperti yang ia lakukan beberapa waktu yang lalu melalui akun instagramnya @ dagnesia.

Gambar Donna Agnesia Aja Bercocok Tanam d Rumah Selama Pandemi Covid-19, Banyak Manfaatnya Lho!

Hasil kegabutan sore tadi Ak

Akhirnya mindah2in pot anak hijau aku

Hal-hal yang perlu diperhatikan jika hendak berkebun di rumah

Nah bagi kamu yang hendak mengikuti jejak Donna Agnesia dengan bercocok tanam di rumah, yuk ikuti beberapa tips berkebun berikut yang kami rangkum dari berbagai sumber.

Pilih Area Rumah yang Terkena Paparan Sinar Matahari Langsung
Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memilih lokasi di rumah yang terkena paparan sinar matahari secara langsung untuk durasi sekitar 7 jam sehari. Ini perlu diperhatikan karena sinar matahari sangat dibutuhkan oleh tanaman untuk mengadakan proses fotosintesa untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya sehingga dapat tumbuh kembang dengan baik. Kita perlu survey terlebih dahulu untuk memutuskan di bagian mana tanaman akan kita tempatkan.

Menyiapkan Wadah bagi tanaman
Wadah ini berfungsi sebagai tempat menaruh media tanam dimana akar dari tanaman akan menyerap unsur hara dan zat-zat yang penting dari mulai pembibitan hingga masa panen nantinya. Anda bisa memanfaatkan barang bekas atau tidak terpakai di rumah seperti botol ataupun gelas bekas minuman ataupun juga polybag. Yang terpenting wadah ini harus dapat dilubangi pada bagian bawahnya agar tanaman kalau disiram airnya bisa mengalir ke bawah sehingga akar tidak menjadi busuk akibat air yang menggenang.

Menyiapkan media tanam
Media tanam ini merupakan kumpulan bahan yang dicampur satu sama lain untuk menyediakan unsur hara dan zat penting yang dibutuhkan tanaman seperti Nitrogen (N), Phosfor (P), Kalium (K), Sulfur / belerang (S), Calsium (Ca) dan Magnesium (Mg) yang mendukung perkembangan tanaman yang akan terserap melalui bagian akar tanaman. Bahan-bahan ini dapat berupa campuran tanah liat dan pasir serta kompos ataupun pupuk kandang. Perlu diperhatikan juga komposisi campurannya karena masing-masing tanaman punya karakteristik masing-masing agar dapat tumbuh dengan sehat.

Memilih Bibit atau Benih
Setelah tiga aspek diatas terpenuhi, saatnya kamu memilih bibit atau benih yang hendak ditanam. Kamu juga tidak perlu membelinya, cek saja di dapur atau kulkas untuk jenis tanaman yang akan dibudidayakan, semisal jahe, cabe ataupun bawang merah maupun putih.

Penyiraman tanaman secara teratur dengan air
Bagi kamu yang berencana memelihara tanaman berjenis hortikultura atau pangan hendaknya meluangkan waktu untuk melakukan penyiraman tanaman dengan air pada jam-jam tertentu yaitu sebelum jam 9 pagi atau kisaran jam empat sore. Juga perlu diperhatikan untuk menyiramnya ke bagian tanah jangan ke daun tanaman karena air ini dibutuhkan oleh tanaman melalui akarnya.

Nah itu tadi beberapa tips bagi kamu yang hendak bercocok tanam atau berkebun di rumah seperti yang dikerjakan oleh selebritis Donna Agnesia. Lumayan kan selain sebagai pengisi waktu selama di rumah, hasil panennya juga dapat membantu kamu untuk menghemat uang belanja lho. ( Sumber : kompas.com, pontianakkota.go.id )

Kategori: