Home » Preview FC Barcelona vs Paris Saint Germain 16 Besar Leg 1 UCL 2020-2021 17 Februari 2021
Back to top

Preview FC Barcelona vs Paris Saint Germain 16 Besar Leg 1 UCL 2020-2021 17 Februari 2021

Ajang Liga Champions Eropa yang biasa disingkat UCL memasuki fase gugur babak enam belas besar yang salah satunya mempertemukan wakil Spanyol FC Barcelona yang akan bertindak sebagai tuan rumah pada leg pertama menjamu wakil Perancis Paris Saint Germain pada Rabu dini hari 17 Februari 2021 jam 04.00 WIB di stadion Camp Nou.

Runner Up vs Juara Grup dari Fase Penyisihan Group UCL 2020-2021

FC Barcelona berhak maju ke babak knock-out round of 16 setelah keluar sebagai runner-up di fase group G UEFA Champions League. Bersaing ketat dengan wakil Italia Juventus, FCB hanya kalah head to head dari klub asal turin tersebut dengan mengumpulkan poin yang sama yakni 15 dari 6 laga yang dimainkan.

Sedangkan PSG melanjutkan langkahnya ke babak ini setelah keluar sebagai juara grup H, mengumpulkan nilai sama dengan wakil Jerman RB Leipzig yaitu 12 poin namun unggul head to head.

Modal Penting Hasil Pertandingan Terakhir di Liga Domestik

Kedua tim ini sama-sama menorehkan kemenangan pada pertandingan terakhirnya di Liga domestik sehingga diharapkan  dapat memompa semangat dan kepercayaan diri para pemainnya. 

Gambar Preview FC Barcelona vs Paris Saint Germain 16 Besar Leg 1 UCL 2020-2021 17 Februari 2021

Klub asuhan pelatih asal Belanda Ronald Koeman di pekan ke-23 La Liga membantai Alaves dengan skor 5-1, gol-gol tercipta dari Francisco Trincao (28', 74'), Lionel Messi (45+1', 75') dan Junior Firpo (80'). Kemenangan ini menempatkan tim asal Catalan ke peringkat 2 klasemen sementara dengan 46 poin dari 22 pertandingan, menempel ketat peringkat pertama Atletico Madrid yang sudah mengumpulkan poin 54 dari 21 pertandingan.

Sementara itu di Ligue 1 PSG menang tipis 2-1 menghadapi OGC Nice hasil dari gol-gol yang dilesakkan oleh Julian Draxler pada menit ke-22 dan gol menit ke-80 dari Moise Kean menjadi penentu kemenangan tim anak asuhan pelatih Mauricio Pochettino. Kemenangan ini mampu menempatkan tim berjuluk Les Parisiens kokoh di puncak klasemen Ligue 1 dengan poin 54 dari 25 laga yang sudah dimainkan, unggul selisih gol dari runner-up Lille.

Badai Cedera menghantui kedua tim

Hingga artikel ini dipublikasikan, kabar kurang sedap terkait cedera pemain kunci menghantui kedua tim. Di sisi Barcelona ada nama Gerard Pique yang mengalami masalah pada kakinya ketika Barca menghadapi Atletico Madrid 21 November 2020 silam. Bek tengah berusia 34 tahun ini diragukan bisa tampil saat timnya menghadapi PSG karena masih dalam tahap pemulihan dari cidera lutut dan ligamen.

sementara itu di kubu PSG tidak bisa memainkan penyerangnya berkebangsaaan Brazil Neymar Jr yang harus menepi karena mengalami cedera kala klubnya bertemu dengan Caen di ajang 64 besar Piala perancis. Kabar buruknya juga kemungkinan winger berusia 29 tahun ini masih belum bisa dimainkan pada leg kedua karena fase pemulihan cederanya yang diperkirakan membutuhkan waktu sekitar tiga bulanan.

Berikut adalah prediksi susunan pemain dari kedua tim.

FC Barcelona (4-3-3)
Marc-Andre ter Stegen; Sergino Dest, Frenkie de Jong, Clement Lenglet, Junior Firpo; Pedri, Sergio Busquets, Riqui Puig; Francisco Trincao, Lionel Messi, Antoine Griezmann

Paris Saint Germain (4-2-3-1)
Keylor Navas; Thilo Kehrer, Presnel Kimpembe, Marquinhos, Layvin Kurzawa; Idrissa Gana Gueye, Leandro Daniel Paredes; Moise Kean, Julian Draxler, Kylian Mbappe; Mauro Icardi